Publikasi Realisasi Penerimaan Pajak


Apresiasi yang tinggi layak kita sampaikan kepada DJP yang telah menghadirkan laman website dengan tampilan baru yang lebih elegan dan cukup menawan. Relatif jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan tampilan sebelumnya. Saya tidak tahu sejak kapan tampilan itu berubah, yang pasti sekarang jauh lebih keren. Tampilan laman website pajak.go.id seperti gambar di atas saya capture tanggal 25 September 2015. Ini tentu membanggakan bagi kita sebagai masyarakat yang punya kepentingan terhadap keberadaan website pajak ini. Apa lagi jika konten yang disajikan juga semakin bagus dan lengkap, tentu ini akan memenuhi harapan masyarakat.

Dari sisi konten, laman website pajak.go.id juga sudah merombak tata letak dan kategorisasi informasi pajak dengan lebih apik sehingga memudahkan para pengunjungnya. Pajak.go.id juga sudah mem-publish informasi tentang angka pencapaian realisasi penerimman pajak tahun anggaran berjalan. Sebelumnya informasi seperti ini [menurut pengamatan penulis] belum pernah ditampilkan, padahal informasi semacam ini termasuk informasi yang sangat diperlukan oleh masyarakat. Sekarang masyarakat bisa mengetahui sampai dimana capaian penerimaan pajak waktu demi waktu. Mudah-mudahan DJP konsisten untuk terus menampilkan dan meng-update informasi ini.

Sekali lagi apresiasi untuk DJP yang semakin transparan memberikan informasi tentang capaian kinerjanya kepada masyarakat luas. Mudah-mudahan dengan begitu masyarakat menjadi lebih peduli dan merasa memiliki tanggung jawab untuk secara bersama-sama mengamankan target penerimaan negara dari sektor pajak. Karena bagaimanapun masyarakat (rakyat) tentu punya kepentingan terhadap hal ini. Bagaimana mungkin pembangunan dan usaha pemerintah menyejahterakan rakyat akan bisa berjalan dengan baik kalau target penerimaan negara dalam APBN tidak tercapai.

Tapi sayangnya, untuk sementara ini kita sebagai masyarakat belum bisa secara jelas membaca data dan informasi tentang realisasi penerimaan pajak ini karena cara penyajiannya belum bagus (angka-angkanya bertabrakan/bertumpuk), seperti gambar di bawah ini.


Mudah-mudahan untuk yang akan datang pada bagian ini bisa diperbaiki sehingga kita sebagai masyarakat dapat menikmati secara lebih baik informasi tentang realisasi penerimaan pajak di halaman website DJP ini tercinta ini. Hayo... DJP Bisa!





Baca Juga Artikel Terkait :


Advertisement


0 Response to "Publikasi Realisasi Penerimaan Pajak"

Komentar Anda

Silakan tuliskan komentar anda di sini. Mohon untuk mencantumkan identitas minimal nama Anda